Jogja Gangnam Shake


cl

Jika korea memiliki gangnam style yang terkenal di berbagai penjuru dunia dan amerika yang akhir-akhir ini dihebohkan dengan harlem shake , maka jogjakarta memiliki tarian unik yang gak kalah seru dengan gangnam style dan harlem shake yang diberi nama calung.

Calung merupakan warisan kebudayaan jogjakarta yang sudah dinikmati sejak jaman dulu sampai saat ini oleh masyarakat setempat.Tarian ini diiringi oleh beberapa alat musik tradisional seperti angklung, Gendang, kecapi dll yang menciptakan alunan musik khas jawa, Jika kita berjalan sepanjang jalan malioboro pada saat petang maka kita akan menemui beberapa kelompok yang memainkan calung di trotoar malioboro.

Hal ini tentu saja akan mengundang banyak perhatian turis lokal maupun mancanegara, Kelompok calung ini terdiri dari beberapa orang, sebagian akan memainkan alat musik sementara sebagian lainya menari dengan mengikuti irama alunan musik dan para penonton pun dapat bergabung untuk menari bersama penari calung tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Jika kelompok calung ini berhasil membentuk kerumunan dalam jumlah besar hingga menutup jalan , Disitu ada seorang satpam yang bertugas mengamati jalanya tarian tersebut sekaligus memberi jalan bagi pengguna  jalan terutama para shopaholic yang melintas kawasan tersebut dengan menggunakan becak.

calung

Sepertinya masing-masing orang mengetahui perananya ketika kelompok calung ini beraksi, setelah beberapa saat Kami mengamati tarian calung ini, ternyata ada 1 anggota calung yang berkeliling mengitari para penonton dengan menenteng kardus yang sudah terisi beberapa rupiah di dalamnya, baru Kami menyadari bahwa calung ini semacam ngamen profesional dengan menampilkan seni tradisional kepada pendatang dan masyarakat sekitar.

Kelompok calung ini disambut baik oleh warga, terbukti ketika Kami berjalan dari arah alun-alun utara jogjakarta hingga jl.sostrowijan yang jaraknya dapat ditempuh dengan berjalan kaki dengan beberapa menit sekitar 30 menit, ada 4 kelompok yang menampilkan calung ini sepanjang jl.malioboro masing-masing dengan keunikanya sendiri baik dari segi musik maupun penampilan.

Dari ke empat kelompok tersebut ada 1 kelompok yang paling ramai , kelompok ini memang lebih banyak menampilkan alat musik dengan satu penari cowo gemulai yang berdandan khas jawa, Bisa dibilang dialah yang menarika perhatian wisatawan, Gimana tidak, Kelenturanya menari patut diacungi jempol walaupun terkadang berprilaku menggelikan dengan berakting seperti layaknya gadis gemulai.

Menurut Saya pribadi, calung tak kalah seru dengan gangnam style ataupun harlem style. Malah jauh lebih enak dinikmati..mungkin karna saya asli jawa dan memang menyukai musik jawa dari kecil. Nah, untuk dapat menikmatinya secara langsung,datang dan saksikan secara langsung di malioboro jokjakarta J

Nayah & Ratna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s