Hari Gini Masi Tawuran??!! Dialog Dong!!!!


cinta indonesia

Berawal dari 20 mahasiswa Indonesia yang dikirimkan ke Amerika oleh  Study of the U.S. Institutes (SUSI) untuk belajar mengenai pluralisme selama 3 minggu di negri paman syam tersebut.  Tentunya beberapa negara lain pun mengirimkan delegasinya ksana dengan tujuan yang sama. Sekembalinya mereka darisana , mereka melakukan kompetisi dengan mengirimkan proposal project yang diadkan oleh Study of the U.S. Institutes (SUSI). Para mahasiswa Indonesia mengusung Interfaith Dialogue mengingat Keberagaman di Indonesia sering menimbulkan perselisihan antar umat beragama, Seleksipun berjalan dengan ketat namun Indonesia terpilih sebagai pemenang yang mendapatkan vote terbanyak baik dari juri maupun pendukung lainya, mereka pun mendapatkan dana untuk merealisasikan program kerja yang mereka buat yaitu interfaith dialogue yang diadakan di 5 kota di indonesia.Mereka menamakan diri dengan CINTAindonesia  (Committee for interfaith tolerance in Indonesia)

cinta2

5 kota yang dipilih adalah kota dimana 20 mahasiswa ini berada sehingga mereka dapat menjalankanya dengan baik, kota tersebut meliputi lombok , manado, palembang, malang dan jakarta. konsep acara yang dilaksanakan di masing-masing kota kurang lebih sama yaitu dialogue mengenai pluralisme antar peserta dan para pemuka agama, selanjutnya di susul dengan kunjungan ke tempat-tempat ibadah yang berada di masing-masing kota untuk mengajak para peserta mengetahui lebih dalam mengenai ajaran agama mereka yang selama ini sering menjadi perdebatan. Memang sensitif ketika kita membicarakan tentang agama dan kepercayaan, untuk itu disini diadakan dialog yang benar-benar membuat para peserta dapat membedakan antara faith dan dialog itu sendiri.

20130223_165748

Tgl 22-23 adalah puncak acara CINTAindonesia yang diadakan di @amerika pasific place mall jakarta setelah terlaksananya Interfaith dialogue di 4 kota lainya dan membawa delegasi atau ambasador dari masing-masing kota ke jakarta,sekaligus pemilihan ambasador CINTAindonesia Jakarta. Acara yang berlangsung selama 2 hari dimana hari pertama diisi dengan pengenalan CINTAindonesia itu sendiri untuk peserta yang berasal dari jakarta , dialogue antar umat beragama yang dibawakan oleh 5Pemuka agama  ( Islam, Kristen, Hindu, Budha, Katolik ), lalu juga ada juga Ibu Alissa Wahid yang membawakan pluralisme , ada satu kata-kata beliau yang menirukan ayahnya yang masih saya ingat yaitu : yang SAMA jangan diBEDAkan dan yang BEDA jangan diSAMAkan.

cinta4

Hal ini jelas bahwa sudah ada pembatas yang tidak boleh diterobos karena penerobosan batasan ini akan menimbulkan masalah. Lalu ada pastur Simon dari Gereja Katolik yang mengatakan : Sebagai umat beragama yang Berindonesia, Selayaknya menjadi Islam yang Indonesia bukan Islam kearab-araban, Kristen yang Indonesia bukan Kristen yang keromaan, Hindu yang Indonesia bukan Hindu yang keindiaan. Hal ini juga yang mengingatkan kita untuk tetap menjaga Budaya Bangsa yang menjadi ciri khas kita bukan ikut-ikutan karena jelas penerapan budaya lain di lingkungan kita akan bertolak belakang dengan Budaya asli kita .

cinta3

Banyak hal yang dapat diambil dari Interfaith dialog ini dimana Saya secara pribadi menjadi tahu atas apa yang menjadi prasangka selama ini, Dalam Islam sendiri plurarisme sudah diajarkan sejak dulu dan terltulis dalam Al-qur’an . Dan hal ini pun berlaku pada agama lain dimana pluralisme tersebut diajarkan. Semua agama mengajarkan kebaikan namun cara dan akidah yang berbeda sering kali yang membuat perselisihan, hal ini karena toleransi di Indonesia belum maksimal, Untuk itu harus dimulai dari diri kita sendiri untuk belajar bertoleransi terhadap segala sesuatu perbedaan yang ada di lingkungan kita sehari-hari dan bagaimana kita menghargai perbedaan itu sendiri

Stop Violence, Do Dialogue to get solution !!!!!!!!!

SALAM DAMAI

Nayah 

Nobody knows everything about anything!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s