Customer Education And Servise Promotion


Peranan komunikasi pemasaran pada jasa

  • Menginformasi
  • Mengedukasi
  • Membujuk
  • Mengingatkan and memotivasi untuk melakukan tindakan
  • Menjalin hubungan

Disini jelas bahwa peranan komunikasi pemasaran yang pertama yaitu memberikan informasi tentang suatu barang bahwa perusahaan telah meluncurkan barang tersebut lalu pada saat konsumen telah menyadari keberadaan barang tersebut maka tindakan selanjutnya adalah mengedukasi konsumen mengenai produk tersebut misalnya dengam memberikan informasi lanjutan yang lebih terperinci mengenai kegunaan dan mengapa konsumen perlu membeli barang tersebut. Kemudian selanjutnya adalah membujuk konsumen dengan memberikan penawaran dan keuntungan -keuntungan dari produk itu produk itu sendiri dan terus mengingatkan konsumen tentang produk ini agar kedepanya konsumen akan melakukan tindakan pembelian setelah terjadi pembelian maka harus tetap ada follow up yang harus dilakukan produsen agar si konsumen tetap memakai produk tersebut misalnya dengan melakukan inovasi produk dan memberikan pelayanan tambahan yang memberikan nilai tambah pada produk yang ditawarkan itu.

Perbedaan strategi komunikasi pemasaran jasa dengan produk

  • Strategi pemasaran jasa merupakan performa intangible yang tidak terlihat karena fokus pada proses dan manfaatnya serta menekankan elemen-elemen tangible ( Cakupan layanan dan personil) yang menciptakan metafora yang nyata.
  • Keikutsertaan konsumen pada proses produksi karena pada jasa membutuhkan konsumen untuk berinteraksi secara langsung sekaligus pelatihan bagi konsumen untuk menggunakan jasa itu sendiri dan mengajarkan kepada konsumen tentang pemakaian teknologi baru.
  • Membantu mengatur tingkat permintaan untuk disesuaikan dengan kapasitas
  • Mengurangi peranan komunikasi bagi para pembeli tingkat lanjut karena sudah tersistemasi
  • Membutuhkan kontak personil yang untuk menginformasikan pihak pemasaran internal yang akan membentuk model dan peranan komunikasi otomatis.

Edukasi dan promosi objektif pada jasa

  • Menciptakan deskripsi yang nyata dan mudah diingat
  • Membangun kesadaran dan keinginan untuk melakukan percobaan terhadap produk
  • Mengedukasi konsumen apa yang diharapkan dari produk itu sendiri dan bagaimana menggunakan jasanya
  • Mengomunikasikan kekuatan merk dan manfaatnya
  • Mengatur tingkat permintaan
  • Membandingkan kelebihan yang dimiliki dengan para pesaing
  • Menyediakan jaminan
  • Mengenali dan memberikan nilai dan manfaat  yang baik bagi konsumen
  • Meletakan jasa yang yang relatif dari pesaing
  • Mengurangi ketidakpastian dan resiko

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s