Core Plus dan Supplementary Servise


A). Komponen yang perlu diperhatikan pada Core Plus dan Suplementari Servise

  1. Informasi
  2. Konsultasi
  3. Order taking
  4. Hospitality
  5. Safe taking
  6. Exception
  7. Billing
  8. Payment

Kita menjelaskan disini bahwa konsumen perlu informasi yang jelas tentang sebuah produk (Informasi ), serta nilai dapat ditambahkan bilamana ada konsultasi dari yang ditawarkan dari pihak perusahaan ( Konsultasi ). Begitu banyak nya barang dan jasa yang di tawarkan maka selayaknya konsumen diberik kemudahan tentang produk dan jasa apa saja yang tersedia serta sistem pengiriman apa yang paling nyaman (order taking ), Berapa yang harus saya bayar? Hal ini yang sering dipertanyakan konsumen sehingga sangat lah penting untuk menyajikan billing statement yang jelas pada konsumen (Billing), konsumen relatif akan menbayar lebih cepat bilamana perusahaan memberikan sistem pembayaran yang simple dan tersrukturisasi (payment) ,konsumen akan merasa puas dan biasanya akan timbul loyalitas bilamana mendapat sambutan yang baik dari pihak produsen ( hospitality ) , Konsumen juga dapat mengerti bilamana perencanaan tidak sesuai dengan kenyataan maka dari itu dibutuhkan catatan pengecualian (exception) dan yang paling penting juga bahwa konsumen tidak merasa kawatir ketika memesan barang dari produsen karena produsen akan menindak lanjuti atau memberi pelayanan dimasa depan bilamana terjadi kerusakan pada barang (safe keeping ) .

B). produk inti dan suplementari servise

  • Sebagian besar perusahaan menawarkan manfaat pada konsumen seperti produk inti (barang dan jasa) dan pelayanan tambahan yang menambah manfaat pada produk inti
  • Pda perusahaan yang matang, produk inti seringkali menjadi komoditas
  • Layanan tambahan membantu membedakan produk inti dan menciptakan keunggulan kompetitif dari fasilitas yang digunakan pada inti pelayanan serta meningkatkan nilai dan daya tarik inti

C). Service blue printing

  • Mendefinisikan standar aktivitas pada frontstage
  • Menentukan bukti fisik
  • Mengidentifikasi prisip dan prilaku konsumen
  • Interaksi antara konsumen dan contak personel pada frontstage
  • Garis transparansi antara forntsage dan backstage
  • Interaksi konsumen dan contak personil pada backstage
  • Dukungan pada proses yg melibatkan pelayanan personil lainya
  • Dukungan proses melibatkan IT

D). Efisiensi , Efektivitas dan Produktivity

Efisiensi adalah perbandingan yang standard an biasanya berhubungan dengan waktu misalnya berapa lama  waktu yang diperlukan karyawan dalam mengerjakan tugasnya.

  • Permasalahanya : focus pada input daripada hasil
  • Tidak memperhatikan variasi dari kualitas dan nilai jasa

Efektivitas : Tolak ukur perusahaan dalam mencapai tujuanya , biasanya tidak bisa dipisahkan dari produktitivitas, kualitas jasa dan kepuasan konsumen

Produktivity adalah penilaian finansial dari output dan input, penawaran yang diberikan harus lebih tinggi dari apa yang diharapkan konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s