Ayo dateng ke Digital Nation Movement (DINAMO) Sabtu 19 Januari 2013


 

digital national movement

DINAMO’s Roots

Sudah menjadi fenomena menarik saat ini bahwa teknologi dibutuhkan dan berperan aktif dalam suatu inisiatif ataupun pergerakan sosial yang dapat dilakukan oleh siapa pun. Peran teknologi berupa internet ini berkembang menjadi wadah untuk mengekspresikan diri, bidang kepedulian ataupun pengembangan hasil karya individu dan komunitas. Wadah itu adalah social media atau media sosial yang dikenal dengan Facebook, Twitter, Foursquare, LinkedIn, dan lainnya.

 

Sudah rahasia umum jika Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki pengguna internet terbanyak di dunia, menduduki peringkat kedua dunia pengguna Facebook, dan peringkat ketiga dunia pengguna Twitter. Di sisi lain isu sosial dan pergerakan di negara yang sangat dinamis ini selalu marak dan berlomba mendapatkan panggung demi mencapai tujuan. Media sosial telah menjadi realitas baru yang mempengaruhi bahasa dan pikiran. Meski demikian, pemanfaatan media sosial sebagai tools untuk memajukan tujuan-tujuan gerakan sosial nampak masih menjadi konsepsi yang belum disadari potensinya. Collaboration hub atau sentra kolaborasi antara penggiat digital dan aktivis sosial pun belum terbentuk untuk menjembatani kesenjangan ini agar lebih baik di masa depan (better future).

 

Atas dasar inilah, Change.org berinisiatif membuat sebuah forum untuk mengangkat agenda media sosial sebagai sarana utama menggerakkan individu atau masyarakat luas. Change.org membuka peluang untuk memberdayakan siapapun, di mana pun dan kapanpun untuk membuat suatu perubahan yang ingin dilihat dan memberikan dampak bagi masyarakat luas tanpa perlu menjadi politisi, public figure, atau menunggu penunjukan dari pemerintah. Dengan demikian siapa pun dapat memiliki akses untuk menciptakan perubahan. Pengalaman Indonesia Unite, Koin Prita, Sejuta Facebookers, membuktikan media sosial dapat menjadi catalyst yang penting dalam menggalang dukungan masa dan mengadvokasikan perubahan.

 

Berkiblat dari konsep people power yang mengedepankan kekuatan perubahan berasal langsung dari individu, kelompok maupun komunitas, Change.org telah memfasilitasi penggerak-penggerak sosial yang membuat suatu pergerakan perubahan dengan berbagai macam ide luar biasa. Dalam 7 bulan terakhir, keberhasilan sejumlah individu dan komunitas memulai petisi Change.org telah membesarkan hati, dari petisi #SupportImasTati (buruh migran), #SaveKPK (korupsi), #SaveTripa (pencabutan izin perusahaan kelapa sawit yang membakar hutan/orangutan), sampai perlindungan satwa terlindung lumba-lumba dan hiu #SaveDolphin. Tentu masih banyak bidang kepedulian lain yang masih terus diperjuangkan atau belum terangkat seperti ujian nasional, satwa laut sampai mengkritisi kinerja pemerintahan. Di sinilah tantangan bersamanya. Forum Dinamo menjadi relevan.

 

Dari gerakan-gerakan yang telah dilakukan, muncul kemudian penggerak-penggerak sosial baru, yang juga memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk melakukan perubahan. Dari sinilah tercetus ide membuat wadah baru berupa forum untuk mempertemukan langsung para penggerak sosial dengan masyarakat lainnya yang sama-sama mempunyai antusiasme melakukan pergerakan sosial. Tak hanya bisa berbagi melalui dunia maya saja (melalui media sosial pribadi), melainkan dapat berinteraksi langsung secara tatap muka untuk saling berbagi ide dan memberikan inspirasi.

 

Keinginan inilah yang melatar belakangi Change.org mengadakan suatu forum dengan nama DINAMO sekaligus sebagai momen aktualisasi keberadaan platform petisi online dunia ini di Indonesia.

 

The Meaning of DINAMO

 

DINAMO (Digital Nation Movement) adalah kegiatan landmark tahunan pertama di Indonesia mengenai Activism dan Social Media yang mewadahi presentasi dalam bentuk talks dan diskusi mengenai perubahan sosial dengan mengedepakankan agen-agen pengubah dan komunitas pengubah terkemuka. DINAMO adalah sebuah forum yang ditujukan untuk menggabungkan elemen-elemen masyarakat terpenting dalam melakukan sebuah perubahan sosial. Elemen-elemen tersebut bisa berasal dari lapisan sosial masyarakat manapun, antara lain masyarakat sipil, public figure, media massa, komunitas, atau masyarakat kreatif lainnya yang mempunyai ide untuk melakukan gerakan perubahan sosial.

 

Pada makna kata asli, dinamo bisa diartikan sebagai penggerak, pemberdaya, atau sumber energi. Bercermin dari pemaknaan kata ini, DINAMO merepresentasikan sebuah pergerakan yang memanfaatkan teknologi digital dengan wadah media sosial untuk menjadi tools dalam katalisasi perubahan sosial.

 

DINAMO’s Objectives

 

1.   Bersinergi melakukan perubahan sosial dengan menghubungkan berbagai individu, kelompok dan komunitas (masyarakat sipil, public figure, media massa, komunitas) dengan beragam bidang kepedulian sosial.

2.   Memperluas pengetahuan dan peluang bagaimana media sosial dapat digunakan secara efektif untuk mengkatalis perubahan sosial bagi aktor-aktor gerakan sosial dengan skala lebih luas.

3.   Merumuskan agenda bersama bagi penguatan inisiatif dan pergerakan sosial agar lebih baik di masa depan.

DINAMO’s time

 

Hari, tanggal : Sabtu, 19 Januari 2013

Waktu : 13:00 – 17:30

Tempat : The Soehanna Hall

   The Energy Building Jl. Jend. Sudirman Kav. 11A, 

  Sudirman Central Business Disctrict (SCBD), Jakarta

 

DINAMO’s Participants

 

  • Speakers: Social Movement Brainstormers

 

1.   Mira Lesmana (description: an Indonesian songwriter, film director and producer)

2.   Irwan Ahmett (description: A creative Graphic Designer)

3.   Oscar Motuloh (description: Photographer)

4.   Suzy Hutomo* (description: CEO of The Body Shop Indonesia)

5.   Soultan Alief Alende (description: son of the late Munir Said Thalib)

6.   Glenn Fredly, (description: pop singer, digital activis on VOTE, Indonesia Unite)

7. Shafieq Pontoh (description: Akons Lab, Ayah ASI)

*= in confirmation

  • Performance : Efek Rumah Kaca, Melanie Subono
  • Stand Up Comedy : Pandji Pragiwaksono
  • Anticipated group/meeting owner/facilitators/influencers – diverse profile

 

1.   Syafieq Alielha – Enda Nasution

2.   Retha Dungga – Gita Putri

3.   Rival In Spirit – Endro Catur

4.   Hilmar Farid – Iman Usman – Mira Lesmana

5.   Abduh Aziz – Irwan Ahmett

6.   Dolorosa Sinaga – Oscar Motuloh

7.   Rumadi – Fajar Riza Ul Haq – Febriyantoryan

8.   Wilson – Syahrani Gita

9.   Haris Azhar – Helga Worotjan

10. Yuni Chuzaifah – Alyssa Wahid

11. Andar Nubowo – Shafieq Pontoh

12. Yaya WALHI/Green Peace – Wiza end of the icons – Nadine Zamira

 

  • Audiences Targeted

300 orang, baik individu maupun kelompok yang berasal dari:

1.   Kelompok dan organisasi masyarakat sipil

2.   Komunitas seni & kreatif

3.   Penggiat/ahli/pengamat media sosial

4.   Aktivis sosial

5.   Citizen Journalists

6.   Public Figure

7.   Media

8.   Kelompok-kelompok pemuda

9.   Komunitas-komunitas sosial akar rumput

10. Pelajar, mahasiswa

DINAMO’s show

 

  • DINAMO’s Talks

Mencontoh gaya TEDTalks dengan presentasi yang memaksimalkan impact bagi audiens, akan dilakukan bedah pengalaman selama 15 menit dari tiap pembicara. Pembicara adalah penggerak sosial yang telah melaksanakan gerakan perubahan mereka dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk menjalankan dan mendapatkan dukungan atas inisiatif aksi mereka. Materi dari para pembicara akan disajikan dengan topik yang beragam sesuai isu yang dibawa untuk gerakan mereka. Bedah pengalaman ini dilakukan dengan presentasi dari pengalaman tiap penggerak.

 

  • DINAMO’s Open Space Discussion

Diskusi ruang terbuka inilah yang menjadi acara inti dari Dinamo. Format Open Space adalah format diskusi dimana topik pembicaraan dipilih sendiri oleh partisipan, dan partisipan lainnya dapat memilih kelompok diskusi mana yang mereka ingin ikuti. Dari 300 partisipan akan ada kira-kira 20 kelompok yang masing-masing terdiri dari berbagai elemen masyarakat, dengan tujuan menyelesaikan masalah tertentu atau menciptakan kesempatan-kesempatan kolaborasi di masa depan.

Rundown*

12:00 – 13:00 Registration

13:00 – 13:15 Opening

13:15 – 15:00 DINAMO Talks

15:00 – 15:45 Coffee Break

15:45 – 17.30 DINAMO Open Space

17:30 – 18:00 Closing

 

 

APA ITU CHANGE.ORG

Change.org adalah wadah petisi terbesar di dunia, memberdayakan orang di mana pun untuk menciptakan perubahan yang ingin mereka lihat.

Terdapat lebih dari 25 juta pengguna Change.org di 196 negara, dan setiap hari orang menggunakan alat kami untuk mentransformasi komunitas mereka – secara lokal, nasional dan global. Apakah itu perjuangan seorang ibu melawan bullying di sekolah putrinya, pelanggan yang mendesak bank untuk membatalkan biaya yang tidak adil, atau warga negara yang menuntut pejabat korup bertanggungjawab, ribuan kampanye yang dimulai oleh orang-orang seperti Anda telah menang di Change.org – dan akan lebih banyak lagi kemenangan setiap minggunya.

Di Indonesia kami mulai Juni, 2012. Pada saat itu jumlah pengguna Indonesia hanya 8000. 7 bulan kemudian, angka itu mencapai lebih dari 130.000. Ratusan petisi telah dimulai, dan banyak pula yang berhasil. Dari mulai dihentikannya dukungan beberapa perusahaan terhadap sirkus lumba keliling yang kejam, didesaknya presiden untuk mengambil keputusan perihal kasus korupsi, sampai hal sesederhana perbaikan jalan yang seharusnya dilakukan bertahun-tahun yang lalu oleh seorang walikota.

Mimpi kami adalah sebuah dunia di mana tak seorang pun tak berdaya, di mana menciptakan perubahan adalah bagian dari kehidupan sehari-hari.

 

PROPOSAL CONCEPT

 

BACKGROUND

 

1.   Emerging growth of social media (digital communication) use in Indonesia

2.   Success stories of social activism that maximizes the power of social media

 

o  Highlight Change.org’s success in Indonesia

o  Highlight other civil societies movements: Indonesia Unite, Koin Prita, etc

3. Limited access, gap of knowledge, and hub for collaboration between digital enthusiasts and social activists

 

OBJECTIVES

 

1.   To connect communities from Civil Society, Public Figure, Social Media, and Mainstream Media to synergize on social change.

2.   To communicate how social media can be a crucial element in creating social change.

3.   To brand Change.org Indonesia as the leading name in digital social activism.
EVENT

Dinamo (Digital Nation Movement)
The first annual, landmark event in Indonesia on Activism & Social Media, that hosts talks and discussions on social change, featuring leading agents & communities of change.

Content of Event

  • TED style presentation + curated Q&A
  • Open space discussion
  • Classy but with a genuine grass-root movement atmosphere

Audience
300 key individuals/communities from:

  • Civil Society
  • Social Media Experts/Analytics/ Enthusiasts
  • Social Activists
  • Citizen Journalism
  • Public Figures
  • Mainstream Media
  • Urban youth groups

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s