Jenis Kanker Anak #LoveDonation 2013


love donationSahabat/i .tahukah kamu ada berapa jenis kanker anak?

Hingga saat ini, terdapat 8 jenis kanker yang telah diderita oleh anak-anak. Beberapa diantaranya sering dijumpai pada anak-anak. Namun ada pula jenis kanker yang sangat jarang bahkan langka diderita oleh anak-anak.

Kita perlu memiliki pengetahuan tentang kanker anak ini, agar menjadi lebih waspada dan bisa mengenali gejala-gejala kanker sejak dini. Sehingga anak-anak terdekat kita bisa mendapat pengobatan yang tepat dari awal. Jenis-jenis kanker pada anak antara lain:

1.       Leukemia

Leukemia atau kanker darah adalah jenis penyakit yang menyerang sel-sel darah putih yang di produksi berlebihan oleh sumsum tulang. Akibat sel-sel darah putih yang abnormal ini, fungsi sel-sel darah lain (sel darah merah dan trombosit) menjadi terganggu.  Kasus leukemia cukup sering ditemui pada anak. Gejala-gejala pada leukemia antara lain: anemia; mudah mengalami  pendarahan dan terserang infeksi; nyeri tulang dan persendian; nyeri perut; pembengkakan kelenjar lympa; dan kesulitan bernapas.

 

2.       Tumor Otak

Tumor otak adalah proliferasi dan pertumbuhan tak terkendali sel-sel di dalam dan di sekitar jaringan otak.Tumor otak dapat jinak atau ganas, primer atau sekunder.Gejala khas yang mungkin mengindikasikan tumor otak adalah:Sakit kepala, terutama pada malam dan pagi hari; vertigo; mual dan muntah; kejang; kelumpuhan; gangguan koordinasi; pelupa; dan perubahan kepribadian. 

 

3.       Retinablastoma

Retinablastoma adalah kanker mata yang sering dijumpai pada anak. Gejala yang perlu duawasi ialah adanya bercak putih di bagian tengah mata yang seolah bersinar bila kena cahaya seperti mata kucing. Hal lain yang perlu diperhatikan ialah penglihatan yang terganggu, mata menjadi juling dan bila telah lanjut maka bola mata menonjol keluar.

 

4.       Limfoma Maglia

 

Limfoma Maglia adalah kanker kelenjar getah bening, kanker ini biasanya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran kelenjar getah bening yang cepat tanpa disertai rasa nyeri. Pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher, ketiak dan atau selangkangan serta usus tanpa disertai rasa nyeri.

Bila timbulnya di kelenjar getah bening dalam usus maka dapat menyebabkan sumbatan pada usus dengan gejala sakit perut, muntah, tidak bisa buang air besar dan demam. Bila tumbuh di daerah dada maka dapat mendorong atau menekan saluran nafas. Menyebabkan sesak nafas dan muka membiru.

 

 

5.       Neuroblastoma

Neuroblastoma adalah suatu gejala jenis kanker saraf yang dapat menunjukkan banyak gejala, tergantung pada lokasinya. Neuroblastoma dapat terjadi di daerah leher atau rongga dada dan mata. Bila terdapat di daerah mata dapat menyebabkan bola mata menonjol, kelopak mata turun dan pupil melebar.

Bila terdapat di tulang belakang dapat menekan saraf tulang belakang dan mengakibatkan kelumpuhan yang cepat. Tumor di daerah perut akan teraba bisa sudah besar. Penyebaran pada tulang dapat menyebabkan patah tulang tanpa sebab, tanpa nyeri sehingga penderitanya pincang mendadak.

 

 

6.       Tumor Wilms

Tumor Wilms adalah kanker ginjal yang paling sering dijumpai pada anak.Kanker ini dapat ditandai dengan kecing berdarah, rasa tidak enak di dalam perut dan bila sudah cukup besar teraba keras, biasanya diketahui ketika anak dimandikan.

 

 

7.       Rabdomiosarkoma

Kanker ini dijumpai pada otot di mana saja, biasanya pada anak di daerah kepala, leher, kandung kemih, prostat(kelenjar kelamin pria) dan vagina. Gejala yang ditimbulkan bergantung pada letak kanker.

Pada rongga mata menyebabkan mata menonjol keluar. Di telinga menyebabkan nyeri atau keluarnya darah dari lubang telinga. Di tenggorokan menyebabkan sumbatan jalan nafas, radang sinus(rongga sekitar hidung), keluar darah dari hidung (mimisan) atau sulit menelan. Di saluran kandung kemih menyebabkan gangguan buang air kecil atau air seni berdarah. Bila mengenai saluran pencernaan dapat mengalami gangguan buang air besar. Bila mengenai otot anggota gerak akan membengkak.

 

 

8.       Osteosarkoma

Osteosarkoma adalah kanker pada tulang. Pembengkakan yang cepat apabila disertai rasa nyeri perlu diwaspadai sebagai kemungkinan adanya kanker tulang. Kanker tulang dapat menyerang setiap bagian tulang, tetapi yang terbanyak ditemukan pada tungkai lengan dan pinggul.Kadang-kadang didahului oleh benturan keras seperti jatuh dan sebagainya.

 

Ada banyak anak-anak penderita kanker diluar sana yang tidak bisa tersenyum ceria karena kanker. Padahal mereka juga mendambakan hidup sehat dan ingin meraih cita-cita mereka. Namun biaya pengobatan yang tinggi membuat semua itu terasa semakin sulit dicapai..

Yuk berikan harapan hidup lebih besar untuk adik-adik kita penderita kanker!

 

 

Donasi dapat dikirimkan melalui rekening:

 

Bank BCA, KCP Sentral CIkini

No. Rekening 8780116847

a/n Billy Boen

Coding: 3 digit terakhir 010. Contoh: Rp 50.010

 

 

Seluruh hasil donasi yang terkumpul akan diserahkan kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia pada saat acara puncak:

Love Donation 201316-17 Februari 2013 di Kota Kasablanka.

Donasimu, bukti cintamu terhadap sesama🙂

Prove Your Love for Others!

 

Further Info:

Visit www.love-donation.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s